Kasek Jangan Intervensi Guru

Jum`at, 23 Januari 2015 20:47:43 - Posting by redaksi - 198 views

Kasek Jangan Intervensi Guru

                Model baru UN 2015 yang tidak lagi menjadi alat penentu kelulusan peserta didik mendapat apresiasi dari Ketua Umum PGRI Sulistyo. Menurutnya pengembalian keputusan penilaian kelulusan kepada guru atau sekolah seakan pertanda guru-guru kini sudah merdeka. “Sudah lama guru-guru tidak merdeka. Merdeka untuk urusan penilaian kelulusan siswa,” jelasnya.

                Sulistyo menjelaskan selama ini dalam menentukan penilaian kelulusan siswa, guru atau sekolah memang memiliki porsi. Tetap porsinya hanya 40 persen, sehingga masih berada dalam bayang-bayang penilaian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  (Kemdikbud) dengan porsi 60 persen. Ia menuturkan para guru harus menjaga baik-baik amanah dalam menilai kelulusan siswa itu.

                “ Guru harus berani memberikan nilai kepada siswa apa adanya, jujur, dan penuh tanggung jawab,” jelasnya.

                Seruan itu untuk mengantisipasi potensi para guru melakukan katrol nila, demi kelulusan anak didiknya. Selama proses belajar berlangsung dengan baik,. Sulistyo optimis, para siswa bisa mengerjakan soal ujian sekolah. Apalagi soal ujian sekolah juga dibuat oleh sekolah-sekolah di bawah koordinasi dinas pendidikan setempat. Dia juga berharap kepala sekolah juga mendukung skema baru penentuan kelulusan unas itu.

                “Kepala sekolah tidak boleh menintervensi penilaian guru terhadap siswanya. Kepala sekolah cukup mengawasi kinerja guru supaya mngajar dan menilai siswanya dengan baik,” tegas Sulistyo..her -KP

Tags #guru #intervensi #jangan #kasek