Mendikbud Anies Baswedan Berharap Sekolah Jujur

Jum`at, 23 Januari 2015 20:47:15 - Posting by redaksi - 268 views

Mendikbud Anies Baswedan

Berharap Sekolah Jujur

                Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menegaskan mulai tahun ajaran 2015, hasil Ujian Nasional ditentukan 100 persen dari sekolah dan diharapkan sekolah jujur untuk kepentingan kualitas sumber daya manusia Indonesia. “Pelaksanaanya (UN) tetap. Hasilnya saja yang ditentukan oleh pihak sekolah masing-masing,” kata Mendikbud Anies.

                Mendikbud Anies mengaku meski hasil kelulusan UN ditentukan 100 persen oleh sekolah, rincian lainya seperti soal UN masih dibahas. “Sekarang ini yang sudah saya nyatakan adalah soal keputusan bahwa hasil kelulusan UN 100 persen ditentukan masing-masing pihak sekolah. Sedangkan detail lainnya, 10 hari lagi akan saya umumkan karena masih dalam tahap pembahasan,” terangnya.

                Menurut Mendikbud Anies, soal kejujuran hasi UN perlu mendapat perhatian besar dari sekolah karena UN menjadi cermin kesuksesan pendidikan. “Pendidikan menjadi krusial apalagi kita berada di era global seperti memasuki MEA (Mayarakat Ekonomi ASEAN),” katanya.

                Mendikbud Anies menegaskan, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa, peningkatan mutu guru juga harus diutamakan. “Percuma saja menganti–ganti kurikulum, kalau kualitas gurunya tidak ditingkatka,” kata dia.

                Mendikbud Anies juga menegaskan, guru bukan hanya mnegajar dan mendidik, tetapi juga harus bisa menginspirasi siswa, sedangkan orang tua juga sangat berperan menghasilakan siswa berkualitas. “Dari orang tua dan guru, karakter atau akhlak mulai terbentuk. Karakter dan akhlak  menentukan bagaimana nantinya anakan-anak ke depanya,” tegasnya.. her-KP

Tags #anies #baswedan #berharap #jujur #mendikbud #sekolah